Total Tayangan Halaman

Minggu, 08 Januari 2012

Kawasan Industri Terbesar - Batamindo


Muka Kuning, Batam
Kodepos: 29433, Kode Tlp: 0770

Muka Kuning adalah salah satu wilayah kelurahan yang termasuk dalam wilayah kecamatan Sei Beduk (Sungai Beduk) Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia  Dengan luas wilayah 120 Ha dan jumlah penduduk  74.803 jiwa (2007), Kecamata Sei Beduk mempunya 4 kalurahan:
  • Kelurahan Muka Kuning
  • Kelurahan Duriangkang
  • Kelurahan Mangsang, dan
  • Kelurahan Tanjung Piayu.
Didalam wilayah kelurahan Muka Kuning ini terdapat salah satu kawasan industri terbesar di pulau Batam yaitu Batamindo Industrial Park (BIP). Mulai tahun sekitar 2000 nama kawasan industri ini berubah menjadi Batamindo Investment Cakrawala (BIC).
                                             Kawasan Industri Batamindo Investment Cakrawala (BIC)
Kota Batam merupakan kota dengan populasi terbesar ke tiga di wilayah Sumatra setelah Medan dan Palembang, dengan jumlah penduduk mencapai 949.775 jiwa. Metropolitan Batam terdiri dari tiga pulau, yaitu Batam, Rempang dan Galang yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia, dengan tingkat kepadatan 913 jiwa/km².
Kota yang merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau ini, memiliki luas wilayah daratan seluas 1.040 km² atau sekitar 1,5 kali dari wilayah Singapura, sedangkan luas wilayah keseluruhan mencapai 2.950 km². Kota Batam beriklim tropis dengan suhu rata-rata 26 sampai 34 derajat celsius. Kota ini memiliki dataran yang berbukit dan berlembah. Tanahnya berupa tanah merah yang kurang subur.
                                               Letak geografis Pulau Batam – Kepulauan ريو


 Lokasi Strategis Pulau Batam

Batam merupakan sebuah kota dengan letak sangat strategis. Selain berada di jalur pelayaran internasional, kota ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan Singapura dan Malaysia.
Batas-batas Kota Batam:
Akses menuju Kota Batam dapat ditempuh melalui jalur udara dan laut. Melalui jalur udara, Batam dapat dicapai melalui Bandara Internasional Hang Nadim yang melayani rute penerbangan langsung dari banyak kota di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Pontianak, Bandung, Natuna, Matak, Tanjung pinang, Pangkal pinang, Dabo singkep, Dumai, Rengat, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang dan Bandar Lampung. Selain itu juga melayani rute internasional dari Subang, Malaysia.
Batam juga memiliki lima pelabuhan feri internasional yang menghubungkannya dengan Singapura dan Malaysia: Batam Centre, Batu Ampar (Harbour Bay), Nongsa, Waterfront City dan Sekupang.
Sedangkan untuk bongkar muat barang import / export terdapat 2 pelabuhan cargo yaitu  Pelabuhan cargo Sekupang dan Batu Ampar.
 Jalur Transportasi Pulau Batam