Total Tayangan Halaman

Selasa, 05 November 2013

Teh Obeng



Nah ini dia nama yang tidak mungkin dilupakan ‘Teh obeng', sebutan minuman untuk es teh manis atau teh manis dingin. Jangan salah sebut dengan 'teh O' berarti teh dingin dengan es, sedangkan 'kopi o' berarti kopi panas. Update harga terakhir teh obeng Rp.5000/gelas, teh o dan kopi o harga Rp.3000/gelas….hmm…. udah mahal amat ya

Ada dua versi cerita sebutan teh obeng
VERSI 1
Sebutan 'teh obeng' berasal dari 'teh apeng', dalam bahasa orang Tionghoa di Xi Cia Po, 'o' berarti 'kosong' dan 'peng' berarti es. Dengan demikian, 'teh apeng' berarti 'es teh'

Karena lidah orang Indonesia yang awalnya disebut teh apeng lama-kelamaan ucapan tersebut berubah menjadi teh obeng. 


Selain itu, dari sebutan 'teh apeng', karena sudah bercampur dengan lidah  Indonesia, akhirnya dulu warga keturunan banyak juga yang menyebut dengan 'teh openg'. Kata-kata 'teh openg' itu masih ganjil, bagi warga pribumi.
Seiring perjalanan waktu, maka huruf 'p' tersebut berganti menjadi huruf 'b', akhirnya menjadi ‘teh obeng’, sebutan ini dikenal banyak orang hingga sekarang. 



VERSI 2

Es yang dipakai adalah es yang berbentuk bolong tengahnya (es tube), untuk mengambilnya harus memakai obeng. Maka itulah kenapa dipakai istilah obeng untuk penyebutan es teh manis dingin ini.